Berikut kumpulan soal latihan dan
kunci jawaban Pretest PPG 2021/2022
PILIHLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA
SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D!
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih
statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang
masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit
2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara
efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun
tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi
bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis
bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
3) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang
pendidik dapat melakukan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)
3. D
4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat
dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode
criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat
diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka
nilai batas lulus tersebut.
Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada
di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan
belajar.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar
serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah
siswa penderita kesulitan belajar lainnya )
5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar
dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang
mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan
teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang
diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran
6) Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah
Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan
sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan
selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin
Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks
pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan
pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan
pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau
prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran
keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan
7) Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif
adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan
peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal
8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan
menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan
kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang
terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa
faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan
pendekatan saintifik, Artinya yaitu
……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat
membantu siswa untuk , dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu
dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan
mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip
akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata
pelajaran
10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka
dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi
pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan
kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut
diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta
didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi
manusia yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia,
sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis
serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip
pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
12) Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa
untuk merefleksikan
pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal
adalah dengan cara ……..
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir
pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan
bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah
belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa
dalam belajar
13) Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang
lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang
sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
penerbit yang berbeda
14) Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur
pencapaian hasil belajar peserta didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan
berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik
15) Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik
menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran
dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik
16) Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui
observasi penilaian diri,
penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta
didik. Adapun instrumen yang di
gunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes
17) Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi
beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial,
kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial
18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika
sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap
19) Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan
mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan
strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning
20) Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan
memeberikan tugas kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok
memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga jika salah satu tidak menjalankan
tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak dapat di selesaikan .
karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)
21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam
pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran
(literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik
petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu
Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi
kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat
terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa
memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik
23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan
terlihat dalam upaya guru:
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan
disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan
lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan
informasi
24) Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk
menentukanketuntasan belajar antara lain
sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian
belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria
keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi
25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis
seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan
ciri-ciri anak berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
26) Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa
mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya
belajar para siswa tersebut adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas
27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar
Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sebenarnya dan sejujunya
28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yang diukur ,hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
29) Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar
9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10
kali
A.30
B.21
C.27
D.18
30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat
menentukan manfaat atau kegunaan
suatu obyek atau program adalah ….
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian
31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan
sungguh-sungguh disebut…..
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas
32) Etika Pancasila adalah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33) Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar
siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu
pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1)
meningkatkan proses belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat
siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan
(3) mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses belajar mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru
35) Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil
angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar
mereka melakukan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa
yang mereka lakukan. Ternyata mereka adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik
berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak menggunakan bahasa.
Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka
menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk
komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik
36) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan
bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak
bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam
komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah
memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal
sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa.
Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan
lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak
37) Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar
adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
38) Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang
mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan
untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata,
atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah
39) Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan
bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa
pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini
Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional
40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal
dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan
fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
D. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan
41) Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran
matematika adalah....
A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning
42) Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri,
nggak? Sewaktu dia bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu
sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai.
Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa batu
di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar?
Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah
43) Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini adalah
............
A. Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.
D. Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?
44) Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena
.........
A. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu
menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu
menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan
secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi
secara tepat
45) Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa
metode yang dapat digunakan kecuali ............
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
46) Berikut diberikan studi kasus :
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat
itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita
ceraikan atas suku – suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian
huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi
kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan
yang tepat digunakan adalah .........
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
47) Memilihberbagai metode menulis permulaan 1). Menulis
permulaan
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata 3).
Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode
............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
48) Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas
tinggi,kecuali....
A. Menulis tentang berbagai topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo
49) Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan
siswa mempersiapka naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan
tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal
tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi
50) 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena
sinar matahari akan menyilaukan mata.
2) Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat
lampu mati.
4) Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya
ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang
padu adalah ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
51) Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni
.....
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan
dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu
...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak
53) Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang ( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas
yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan
54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di
tengah hutan sambil bergurau.
Mereka adalah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu,
Burung Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung
Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang
indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan
kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa
dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak
gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia
menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin
sekali menemui teman- temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia
lalu berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung
Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak
Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke
kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan
Burung Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya.
Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah ...
A. Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita
miliki.
B. Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55) Perhatikan cuplikan dialog berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas
kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya tulus saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi
dari jawaban ulangan
kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa
menjelaskan ke ibu?
( lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu
anggap kalian tidak
mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan
tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas adalah ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368
57) Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan
rumus f (x) = x2 + 1, jika f (a) = 10, hitunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3
58) Nilai x yang memenuhi sistem persamaan 1 + 1 = 10 dan 5
- 2 = 26 adalah ...
A. - 23
B. - 16
C. 17
D. 12
59) Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan
harga 3 koper dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah
...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00
60) Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali
kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut adalah ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12
61) Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus
membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan
harga Rp. 26.000. Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000
62) ae bd c
JIka besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e
adalah … derajat
A.90
B.100
C.110
D.120
63) Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang
adalah ….
A.1), 2), 3)
B.1), 3), 4)
C.1), 3), 5)
D.1), 2), 5)
64) Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangun di bawah
ini adalah ….
X A.
B.
C.
D.
65) Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora
dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju
Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora
adalah 125 km dan mereka
berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka
akan berpapasan?
A.08.00
B.08.15
C.08.25
D.08.30
66) Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6,
5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data
tersebut berapakah mediannya?
A.8
B.7,5
C.7
D.6,5
67) Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari
terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang
sampai di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa
banyak penumpang yang naik pada terminal?
A.17
B.15
C.13
D.11
68) Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120
m2. Panjang lapangan tersebut adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m
69) Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika
berturut-turut adalah 110 dan 150. Suku
ke 30 barisan tersebut adalah ….
A.308
B.318
C.326
D.344
70) 4 3
x
= ⋯.
2
A. 2 3
B. 3
C. 2 3
D. 4
3
71) Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural,
danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Geometri Dari barisan geometri
diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048 C. 2047
B. 2049 D. 2046
72) Menerapkan pengetahuankonseptual, prosedural,
danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri pengukuran
Sebuah bak mandi diisi air mulai pukul 07.20 sampai dengan
pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam bak
mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter
73) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural,
danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Statistika Nilai rata-rata ulangan
matematika dari 7 siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan,
maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan adalah ….
A. 9,10
B. b. 8,10
C. 7,10
D. 6,10
74) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural,
danketerkaitankeduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika
Dari pernyataanberikutini, manakah yang
merupakaningkarandaripernyataanJakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukanibukota RI
B. Jakarta adalahibukota RI
C. Benarbahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benarbahwa Jakarta bukanIbukotadari RI
75) Menentukan alat peragadalam pembelajarannbilangan
Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang
nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang
tepat digunakan Bu Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah…
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
76) Mengklasifikasikan alatperaga dalam pembelajaranGeometri
dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah
dengan satuan meter.Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran
menarik adalah…
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis
77) Menentukan alat ukur dalam pembelajaranbgeometri dan
pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama
dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita
menggunakan mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya adalah sama dengan….
A. 0,05 cm C. 0,1 cm
B. 0,01 cm D. 1 cm
78) Memecahkan PembelajaranIPS SD (diberikan kasus dalam
pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut
Bu,fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di
kelas Beliau memberikan pelajaran
IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum
memulai pelajaran, anak – anak berbaris di depan kelas,kemudian diperiksa
kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga.Sambil diperiksa anak masuk
kedalam kelas satu persatu. Anak - anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan
salam.
Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak,
saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita
nyanyikan lagu bangun tidur ku terus
mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu,
membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu
Fitri adalah
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak – anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan
dalam pembelajaran karena guru kurang memotivasi anak
D. Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
79) Menegaskan Fokus utamakajian pembelajaran IPS diSD
(diberikan kasus contoh Hari selasa, saat pelajaran IPS pak Sunarto akan
memberikan materi pada anak- anak tentang silsilah keluarga. Waktu pelajaran
adalah 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini,
pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian
mempunyai keluaga di rumahkan,,?” “ iya pak, punya.” Jawab semua siswa srentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja
yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota
keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek,
nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah
keluarga. Anak- anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto.
Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab
dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan
pada siswa “ apakah kalian sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang
sudah bapak jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak
serentak.
“ kalau masih ada yang kurang jelas
atau bingung, anak- anak boleh bertanya ” “ tiadak ada pak”, jawab anak- anak
lagi secara serentak.
Pak sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan
sendiri- sendiri. Pak sunarto
yakin, pasti nialai anak- anak memuaskan karena anak- anak
berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga
sama dengan tugas yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama
pada bagan silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan
setelah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan
nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto,
kecuali…..
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat
Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran
80) Membedakan pengertian IPSdan Ilmu social
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai
focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman
BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah
sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman
BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial adalah bersifat disipliner sesuai dengan
kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing,
sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan
tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat
sekolah.
81) Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, SistemSosialdanBudaya,
PerilakuEkonomidanKesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan
Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan,
Waktu
82) Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD
Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolongsiswauntukmengembangkanbakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan cita-cita yang ingin
diraihnya di masa mendatang
C. Menyediakankesempatankepadasiswauntukberekspresi
lingkungan masyarakat
D.
MemberikankepadaSiswapengetahuantentangpengalamanmanusiadalamkehidupanber
masyarakatpadamasalalu, sekarangdanmasaakandatang
83) Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi
siswa
Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat.
Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya
waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa
depan
B. Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap landasan
sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta
sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi
keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik
terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa
lampau
84) Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
85) Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan
antropologi. (diberikan soal kasus)
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki
kaitan dan sumbangan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam
penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang menggunakan teori dan konsep
antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering digunakan sejarawan, kecuali.
. .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti
86) Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan
sehari-hari
Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari
Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan
Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar
orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena
Rully bukan teman dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka
semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena semua
adalah teman
87) Menggali pengalaman butir-butir Pancasila
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap
dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila
sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima
88) Mengemukakan suku bangsa yang ada di
Indonesia.(diberikan kasus salah satu suku bangsa di Indonesia)
Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat
dan budayanya. Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan
kekayaan budaya nasional. Berikutciri-cirisalahsatusuku yang ada di pulauJawa :
- Tidakdiperkenankanmenggunakankendaraanuntuksaranatransportasi
- Tidakdiperkenankanmenggunakan alas kaki
- Laranganmenggunakanalatelektronik
- Pinturumahharusmenghadaputara/selatan Sukutersebutadalah.
. .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak
89) Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia.
(diberikan soal kasus) Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang
melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20%
produksi timah putih dunia adalah . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan
90) Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD
Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan
Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran
yang menyenangkan dan mudah diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media
apa yang harus digunakan pak Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio
91) Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih
baik. Pernyataan tersebut adalah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu
bangsa
C. Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau
92) Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan
antropologi..
A. Menempatkan manusia sebagai subyek dan obyek dalam
kajiannya
B. Keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan
para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat
sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya
93) Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka
ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam
satu pedoman Bhinneka Tunggal Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila.
Kedua hal tersebut diatur dalam Undang- Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009
94) Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan
untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa
potensi yang belum dimanfaatkan karena berbagai keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk
mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga
kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk
mendapatkan pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih
95) Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu
lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dimana keduanya memiliki manfaat dan
tujuan yang sama yaitu...
A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam
96) Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik
yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
97) Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi
pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau
penetasan. Dibawah ini adalah contoh serangga yang tidak mengalami metamorfosis
yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
98) Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam
perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit
99) Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya
adalah dengan melakukan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan
100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan
sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering
adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar